![]() |
Koto Ryū Koppō jutsu (虎倒流骨法術) |
Sejarah
Asal tepat dari
Koto Ryu tidak diketahui, tetapi mungkin dibawa ke Jepang dari apa yang
sekarang disebut Korea, oleh seseorang bernama Chan Buso, yang diceritakan
dalam Kuden (Transmisi Oral) belajar di Cina di bawah seorang imam Mystic.
Tidak ada sumber di saat ini terjadi persis (pertengahan 1500-an?), Tapi ada
pergi beberapa generasi sebelum sistem ini diselenggarakan oleh Sakagami Taro
Kunishige. Butuh dua generasi lagi sebelum Toda Sakyo Isshinsai resmi dibentuk
Koto-ryu Koppojutsu sebagai Ryu.
Sakagami Taro
Kunishige dianggap sebagai Soke pertama di Koto-ryu, tapi Bando Kotaro Minamoto
Masahide, salah satu yang adalah untuk menjadi Soke kedua, tewas dalam
pertempuran di 1542. Sebaliknya ryu pergi ke Kougyoku Kan Rihatsushi yang juga
Soke dari Gyokko-ryu. Ada setelah Koto-ryu mengikuti garis keluarga sama dengan
Gyokko-ryu, satu-satunya perbedaan adalah bahwa Koto-ryu hanya diajarkan kepada
orang yang akan menjadi Soke.
Nama Koto-ryu
berarti "Mengetuk Bawah Tiger", untuk merobohkan harimau dengan jari
dan dengan demikian teknik di Ryuha cukup brutal dalam metode mereka.
Koppojutsu berarti untuk menghancurkan struktur tulang penyerang. Apa
mengkhususkan teknik Koto-ryu adalah jarak yang dibuat oleh bergerak bersama
dengan serangan itu, kemudian bergerak maju dengan pemogokan dan kemudian
bergerak cepat ke jarak yang aman lagi. Hal ini dilakukan untuk datang dengan
pemogokan di persis 90 derajat terhadap struktur tulang penyerang untuk
melakukan kerusakan yang paling. Untuk melakukan hal ini menuntut waktu yang
baik dan irama dalam serangan defensif, sering dilakukan dengan Yoko Aruki.
Perlu dicatat bahwa
jarak awal harus benar-benar besar dari awal, penyerang harus mengambil satu
langkah besar atau beberapa langkah untuk mencapai bek. Ini menyatakan dengan
jelas bahwa Koto-ryu dikembangkan untuk medan perang atau keluar pintu pada
umumnya, dan tidak di dalam rumah atau tempat menyempit.
The Koto-ryu adalah
sangat memuji dengan studi Gyokko-ryu dan jika Anda ingat mereka berdua
memiliki strategi dan metode yang berbeda, Anda harus dapat mencampur mereka
bersama-sama untuk menutup semua kemungkinan variasi untuk bertahan hidup
perlindungan diri.
Gerakan
Tidak seperti itu Suster sekolah - Gyokko Ryu - Koto Ryu cenderung lebih linear dan agresif dalam gerakan itu, serta melibatkan banyak Tobi ( "melompat"). Sungguh menarik untuk dicatat bahwa banyak teknik melibatkan serangan kejutan kepada lawan, tanpa meninggalkan kesempatan untuk melawan serangan.
Meskipun secara teknis sering disebut sebagai "tulang Melanggar" seni, itu lebih akurat untuk mengatakan itu adalah "Skeletal Art" - yang berarti ada penekanan pada menjaga keselarasan tulang seperti yang Anda mengganggu lawan struktur rangka. Juga, ada banyak pemogokan saraf mirip dengan Gyokko Ryu dimasukkan ke dalam seni.
Seperti Gyokko Ryu, ada juga pertahanan bersenjata terhadap kedua Shoto ( "pisau pendek") dan serangan katana.
Silsilah Koto Ryu
1. Sakagami Taro Kunishige -Tembun era (1532)
2. Sakagami (Bando) Minamoto Masahide -Tembun era (1532)
3. Sogyokkan Ritsushi -Tembun era (1532)
4. Toda Sakyo Ishinsai -Tembun era (1532)
5. Momochi Sandayu I -Tembun era (1532) (died 1581)
6. Momochi Sandayu II -Tensho era (1573)
7. Momochi Tanba Yasumitsu -Bunroku era (1595)
8. Momochi Taro Saemon -Genna era (1615)
9. Toda Seiryu Nobutsuna -Kwanyei era (1624)
10. Toda Fudo Nobuchika -Manji era (1658)
11. Toda Kangoro Nobuyasu -Tenna era (1681)
12. Toda Eisaburo Nobumasa -Hoyei era (1704)
13. Toda Shingoro Masayoshi -Shotoku era (1711)
14. Toda Daigoro Masayoshi -Gembun era(1736)
15. Toda Daisaburo Chikashige -Bunkwa era (1804)
16. Toda Shinryuken Masamitsu (Kobe) 1824-1908
17. Takamatsu Toshitsugu Uoh (Nara) Taisho (1909) 1887-1972
18. Hatsumi Masaaki (Noda) Showa (1968) 1931-
0 komentar:
Posting Komentar